Friday, June 3, 2016

PENGARUH SINETRON “ANAK JALANAN” TERHADAP PERILAKU REMAJA

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah penulis panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah tentang “Pengaruh Sinetron “Anak Jalanan” Terhadap Perilaku Remaja”. Tujuan penulis dalam membuat makalah ini untuk mengingatkan kepada pembaca bahwa sebuah tontonan memiliki sisi negatif dan positif yang harus di mengerti agar memiliki sasaran yang tepat.
Kami harap makalah ini dapat menjelaskan dan menambah wawasan serta pengetahuan kita tentang cara menonton dengan batasan- batasan tertentu. Kami juga menyadari bahwa makalah ini terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran, dan usulan demi perbaikan agar bisa lebih baik dalam pembuatan makalah selanjutnya. Karena tidak ada yang langsung sempurna tanpa adanya kritik dan saran yang membangun.
Penulis berterima  kasih kepada ..................... selaku dosen mata ............. yang telah memberikan tugas ini kepada penulis.
Semoga makalah ini bermanfaat dan dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi penulis sendiri maupun orang yang membacanya. Kami minta maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan yang kurang berkenan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun untuk perbaikan di masa yang akan datang.

                                                           
Bandung, 4 April 2016



Penulis



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR .............................................................................................i
DAFTAR ISI .......................................
....................................................................ii

BAB I     PENDAHULUAN ...................................................................................1
A. Latar belakang
 .........................................................................................1
B. Rumusan
Makalah ....................................................................................1
C. Tujuan
Makalah ........................................................................................2

BAB II    PEMBAHASAN......................................................................................3
2.1 Pengertian Sinetron Dan Dampaknya Terhadap Remaja........................ 3
2.2  Pengaruh Tayangan Sinetron Terhadap Pola Pikir Remaja....................3
2.3 Kasus – kasus yang di timbulkan oleh Sinetron Anak Jalanan................5
2.4 Cara meminimalkan dampak negatif tayangan sinetron pada remaja......8


B
AB III     PENUTUP............................................................................................12
3.1 Kesimpulan
............................................................................................12
3.2 Saran......................................................................................................12


DAFTAR PUSTAKA............................................................................................13











BAB I
PENDAHULUAN

1.1           Latar Belakang

Dampak tayangan sinetron televisi sangat memperihatinkan khususnya bagi remaja yang baru beranjak dewasa. Karena emosi yang di timbulkan oleh mereka masih sangat belum stabil dan masih belum bisa menemukan jati dirinya.
Tayangan sinetron secara tidak sadar bisa mempengaruhi remaja. Pengaruh yang timbul antara lain berubahnya tingkah laku, cara bicara dan berpakaian walaupun sebenarnya tidak pantas diterapkan bagi remaja.
Bahasan ini berkaitan dengan dampak negatif tayangan sinetron terhadap perilaku remaja. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dipaparkan analisis bahwa sinetron yang kurang mendidik dapat menjadi hambatan bagi pertumbuhan remaja.

1.2           Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas,masalah dapat dirumuskan seperti berikut ini:
1.      Apakah yang dimaksud dengan tayangan sinetron dan dampaknya bagi          remaja?
2.      Tayangan sinetron apakah yang paling berpengaruh saat ini?
3.      Apakah dampak tayangan sinetron tersebut terhadap pola pikir remaja?
4.      Bagaimana cara meminimalkan dampak negatif dari tayangan tersebut?












1.3           Tujuan Makalah
Sesuai dengan rumusan masalah diatas,tujuan yang dicapai dalam penelitian sebagai berikut :
1.      Mendiskripsikan yang dimaksud tayangan sinetron dan dampaknya bagi remaja.
2.      Mendiskripsikan tayangan sinetron apakah yang peling digandrungi di kalangan remaja.
3.      Mendiskripsikan damapk negatif dan positif dari tayangan sinetron tersebut terhadap pola pikir remaja.
4.      Mendiskripsikan cara meminimalkan dampak negatif dari tayangan sinetron tersebut.


















BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Pengertian Sinetron Dan Dampaknya Terhadap Remaja
Televisi merupakan sarana komunikasi, edukasi dan informasi yang dapat menampilkan visual dan audio. Setiap stasiun televisi menyelenggarakan berbagai acara salah satunya sinetron.
Sinetron adalah tayangan yang paling di gandrunginya oleh para remaja karena tayangan sinetron banyak menceritakan tentang percintaan yang selalu dialami para remaja. Contohnya sinetron Anak Jalanan yang ditayangkan di RCTI.
Karena sangat digandrunginya sinetron tersebut akhirnya membawa dampak positif dan negatif bagi para remaja.
Dampak positifnya adalah menambah wawasan pergaulan bagi remaja, menjadi motivasi dalam memperbaiki kehidupan, sebagai sarana hiburan untuk merefresing dan menambah kepuasan hati.
Sedangkan sinetron juga mempunyai dampak negatif seperti mempengaruhi hasil belajar, meningkatkan kemalasan, ketagihan dalam menonton sinetron, dan remaja tidak bisa menyesuaikan gaya dan perilaku. Selain itu, mencontohkan penontonnya untuk melakukan kebut- kebutan di jalan.

2.2  Pengaruh Tayangan Sinetron Terhadap Pola Pikir Remaja
Pola pikir adalah  pola-pola dominan yang menjadi acuan utama seseorang untuk bertindak dalam pengembangan jati dirinya. Pola pikir disebut juga pedoman berpikir seorang anak yang sedang menjalani tahapan dari remaja kedewasa. Pola pikir memengaruhi cara kita menangani aneka ragam persoalan kehidupan.
Menonton tayangan sinetron terlalu sering juga dapat memengaruhi pola pikir, khususnya pada remaja. Mereka memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi tokoh dalam  sinetron Anak Jalanan. Seperti tingkah laku , gaya dalam  berpakaian ,cara berbicara , berfoya – foya dalam kehidupan. Dampak tayangan sinerton tidak hanya akan mengubah pola pikir remaja. Tetapi remaja juaga tidak dapat membedakan antara realiatas atau khayalan.
Remaja mudah terhanyut dalam dramatisasi tayangan yang ada di televisi. Disatu sisi televisi menjadi sarana sebagai media informasi , hiburan bahkan sebagai kemajuan ilmu pengetahuaan dan kehidupan.namun disisi lain televisi dapat menularkan efek yang buruk bagi sikap, pola perilaku , dan perilaku remaja. Misalnya saja sinetron Anak Jalanan sinetron  ini  sempat digandrungi para remaja. Banyak para remaja yang meniru pola pikir, sikap dan perilaku para pemainnya contohnya saja perilaku tokoh yang menjadi Adriana, yang menonjolkan cara berbicara yang dengan gaya yang berlebihan serta perilakunya yang sombong , suka merendahkan orang lain. Seorang wanita muda yang memiliki suami yang memiliki usia yang jauh beda.
sinetron Anak Jalanan  banyak menampilkan adegan - adegan yang tidak sepantasnya dilakukan untuk seorang pelajar. Para pemain sinetron Anak Jalanan lebih menonjolkan kehidupan percintaan mereka. Sehingga sinetron tersebut membawa dampak negatif bagi para remaja antara lain:
a.       Kepribadiaan remaja menjadi agresif
b.      Meningkatkan daya bekhayal para remaja
c.       Mematangkan remaja dalam hal seksual
d.      Mengikuti gaya tokoh dalam sinetron misalnya, memakai aksesoris yang   berlebihan dan tidak pantas pada saat sekolah.
e.       Berani melawan guru atau orang tua
f.       Menjadi anak yang sok kaya

2.3  Kasus – kasus yang di timbulkan oleh Sinetron Anak Jalanan

 Dua anak kecil bergaya ala Reva & Boy, minta Ninja ke mama – efek Anak Jalanan

Posted on 31/01/16by Bro Ndes 94
Assalamualaikum
Brosis, digemari oleh berbagai kalangan baik muda atau tua. Sinetron anak jalanan kini menjelma menjadi trend. Sayang bukan trend positif yang timbul justru negatif. Film yang menyuguhkan aksi geng motor kelas kaya ini populer bukan karena artisnya tapi tema cerita dan motornya.
Contoh contoh negatif seperti pacaran dan adegan mesra romantis yang seharusnya bukan konsumsi anak kecil justru jadi salah satu hal yang menonjol di sini. Akibatnya, banyak anak kecil yang menonton film ini tanpa dibimbing orang tua bisa terjerumus seperti gambar di atas pertama.
Kenapa? Karena hal yang disuguhkan oleh sinetron Anak Jalanan ini jadi trendsetter dan membuat banyak anak kecil dan remaja juga ikut-ikutan. Pacaran, merengek minta moge atau motor sport dan lainnya. Di mana jika orang tua tidak bisa memenuhi keinginan orang tuanya justru bakal diamuk oleh anaknya. Merengek sampai mengancam.
Entah bro ndess bingung juga. Sebenarnya kalau dianggap sebatas hiburan sih gak apa-apa. Tapi. Kalau sudah merambah ke pergaulan efeknya negatif. Ya Allah…… jadi inget sinetron Ganteng Ganteng Serigala.


Meme sinetron Anak Jalanan dijamin bikin kamu emosi sendiri

Melalui kreasinya dalam bentuk gambar lucu, mereka memprotes tayangan anak-anak sekolah bermotor mewah dan hobi berkelahi ini.
Brilio.net - Zaman sekarang tontonan berkualitas semakin kurang dan kebanyakan tak mendidik. Asal ratingnya bagus dan biaya produksinya murah, sejumlah rumah produksi tak peduli apakah karyanya akan memperburuk generasi bangsanya sendiri atau tidak.

Sebut saja sinetron Anak Jalanan. Tayangan yang dinilai banyak kalangan tidak mendidik ini, hingga sekarang masih terus mengisi pikiran-pikiran anak muda. Protes pun bermunculan tak terkecuali pengguna media sosial. Melalui kreasinya dalam bentuk gambar lucu, mereka memprotes tayangan anak-anak sekolah bermotor mewah dan hobi berkelahi ini.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai media sosial, Kamis (28/1), meme-meme yang sinetron Anak Jalanan yang bakal bikin kamu emosi sendiri:

2.4  Cara meminimalkan dampak negatif tayangan sinetron pada remaja
a.    Orang tua harus mampu membimbing remaja untuk meningkatkan   kesadaran diri
b.    Berpandangan lebih dewasa untuk kehidupan
c.    Sinetron hanya dibuat untuk hiburan semata
d.   Berfikir lebih realitas terhadap tayangan sinetron karena hanya sebuah fiksi belaka














BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh beberapa kesimpulan:
1. Sinetron sekarang kurang menerapkan norma-norma karena tergerus oleh      perkembangan zaman yang kemudian terjadi perubahan sosial-budaya.
2.  Anak yang tidak terlalu sering menonton sinetron, belajarnya lebih rajin dan nilai-nilainya lebih baik daripada anak yang sering menonton sinetron.
3. Dampak dari menonton sinetron ada 2 macam yaitu positif dan negatif. Dampak yang positif terjadi apabila orangtua dapat mengontrol anaknya dan anak tersebut memiliki kesadaran dalam memilih tontonan atau sinetron yang baik untuk dirinya. Sedangkan dampak yang negatif terjadi apabila orangtua tidak dapat mengontrol anaknya dan anak tersebut tidak memiliki kesadaran dalam memilih tontonan atau sinetron yang baik untuk dirinya.
4. Peranan orang tua tentunya sangat penting, orang tua harus bisa memilihkan tayangan yang buruk dari sinetron.

3.2 Saran
Saran dari hasil makalah ini :
1.      Untuk orang tua
Agar lebih serius mengawasi putra-putrinya.Selain itu,harus bisa memilihkan tontonan yang tepat dan membantu anaknya mengatur jam belajarnya.
2.      Untuk remaja
Harus memiliki kesadaran pribadi untuk memilih tontonan yang bermanfaat.Kemudian,harus pandai mengatur waktu belajarnya.






6 comments:

  1. pas banget sama judul skripsi saya, hehe ijin copas ya. trimkasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, kalo boleh tahu judul skriipsi mb avia apa ya??

      Delete
    2. soalnya saya mau buat skripsi anak jalanan juga. jadi biar gak sama gitu..

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. wahhh pas banget, boleh nanya gak ini referensi ny apa aja ya ?? :-)

    ReplyDelete